Tuesday 25 March 2014

Dimana Beli Durian di Sidoarjo ?

Siapa siiiiih yang nggak suka durian?
Eh adik saya nggak suka :D

Memang sebagian orang tidak suka durian, tapi masih banyak kok durian lovers di dunia, hehehe. Apalagi di Indonesia :D Saya mau share dimana saja kalau beli durian di Sidoarjo. Cekidot :) eiits, sebelum itu iming2 gambarnya dulu yaa, udah ngiler? :p

Photo by : teman saya wiwik
Lokasi penjual durian di Jl. Cemengkalang :
Bagi yang bermukim di Sidoarjo atau yang sudah pernah dan hafal jalan di Sidoarjo, mudah saja kok, saya buat patokan GOR Sidoarjo dan Dari arah Krian. Kalau kalian dari arah Gor Sidoarjo bisa langsung tancap gas ke Jalan arah Krian, nanti sekitar 2 km setelah Tol Sidoarjo, tepatnya di depan Puskesmas Sidoarjo, kalian bisa menemui segerombol penjual durian, yang memarkir mobil pick up nya di sepanjang jalan Raya Cemengkalang. Sedangkan yang dari arah krian, belok saja ke jalan ke arah Sidoarjo Kota, telusuri sekitar 7-8 km, di sisi kanan jalan teman2 akan bertemu mereka para tangan dewa durian :D Kalau yang belum pernah? Mudah saja kalau dari Surabaya, naik angkutan kota warna kuning-hijau, lalu turun di Rumah Sakit Sidoarjo, oper/ganti angkutan kota warna oranye jurusan Krian atau bisa juga oper/ganti ke angkutan kota warna kuning bles jurusan Tulangan. Cukup duduk manis di angkutan sekitar 15 menit, jangan lupa pesen sama pak sopir untuk turun di puskesmas Sidoarjo. Di sini, varian durian lebih variatif, ada durian petruk, durian montong dll, kisaran harga durian disini dari 30ribu - 100rb keatas juga ada, tinggal pilih doang. oiya selain durian, kalau mau beli buah-buahan yang lain bisa juga ke Jl. Cemengkalang ini, ada srikaya, duku, rambutan, jeruk, manggis, apel, anggur dll sesuai musimnya. Tertarik? yuk kesini :)

Disini tepatnya :




Lokasi penjual durian di Jl. KH. Mukmin :
Nah lokasi hot kedua adalah di Jl. KH. Mukmin, warga Sidoarjo biasa menyebut daerah ini dengan Kuthuk. hehe, saya tidak tau asal muasal dari nama tersebut. Untuk sampai di jalan ini bisa menggunakan motor, mobil pribadi, ojek atau becak kalau dekat :p Jl. KH. Mukmin ini terletak di tengah kota Sidoarjo, bersebelahan dengan Jl. Gajah Mada yang tenar di Sidoarjo. Sayang sekali, tidak bisa naik angkutan kota karena jalur ini jalur perkotaan alias jalur bebas angkutan. Bisa naik angkutan tapi harus jalan sedikit, kalau naik motor dari Surabaya bisa langsung meluncur ke Jalan Raya  arah Malang, sebelum rumah sakit Sidoarjo, belok ke kanan ke arah Sidokare,, uuh aroma durian akan langsung menusuk hidung :).  Kalau disini varian durian cuma satu macam saja, hanya saja tempatnya lebih bersih, seperti lapak gitu nggak di bak mobil. Harganya hampir sama mulai 30ribu - 100rb keatas juga ada. Hihi surga duriaaan :)

Disini tepatnya :


Seringkali saat membeli durian kita malah beli durian palsu, maksudnya daging durian sedikit atau malah sudah busuk, padahal aroma durian masih sedap dan kulit/fisikk durian masih terlihat sehat. Lalu bagaimana memilih durian yang enak dan benar2 matang? Berikut tipsnya yang saya kutip dari femina.co.id :


Pilih durian dengan bentuk utuh dan simetris. Hindari durian yang bentuknya kurang simetris (pertanda buah di dalamnya ada yang tidak utuh).
 
Pilih yang tangkainya terkelupas atau pecah, pertanda bahwa buah matang di pohon, tidak dipotong, dan jatuh dengan sendirinya.
 
Cium aroma durian. Durian yang matang sempurna akan mengeluarkan aroma harum dengan sendirinya.
 
Jika ingin durian yang berdaging kering dan padat, pilih yang durinya jarang dan besar. Jika ingin yang berdaging basah, pilih yang kulitnya berjarak dekat.
 
Tepuk-tepuk bagian kulit dengan benda tumpul. Jika bergema, berarti sudah matang sempurna.

Dan tentu saja, makan di tempat adalah cara terampuh untuk menghindari durian palsu, kita bisa langsung complain. Atau minta saja dengan penjualnya untuk beli daging saja, jadi kita bawa pulang sudah dalam kondisi terkupas, selain bersih kita tidak harus repot2 mengupasnya kan?

Jadi durian lovers, kalau berkunjung ke Sidoarjo dan ingin menikmati durian silakan singgah ke kedua jalan itu, insyaallah duriannya enak kok, karena saya sudah pernah coba, tapi tetep kalau bisa dimakan ditempat. Sedikit cerita ya, saya pernah beli di Jl. Cemengkalang itu dan dibawa pulang, beli 3 biji yang bisa dimakan cuma 1 biji.. Issshh. 

Salam hangat, dari durian lovers Sidoarjo, breaktime dan lagi kepedesan makan makaroni cihuy :)



7 comments:

  1. Ilmu baru dalam memilih durian. Saya nggak pernah beli sendiri sih mbak, selalu dikasih hehehehehe :D

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget duriaaannn... jenis apa saja suka. Pokoknya durian is the best lah.

    ReplyDelete
  3. Sidoarjo lagi musim durian, ya. Tiap hari belah durian terus dong, Mba?. :D
    Benar, katanya yang durinya jarang tuh yang yahuud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, enggak juga kok mbak, hampir tiap hari dan bulan sih ada,,
      mantap belah duren montong dah tiap hari :D

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...