Monday 18 November 2013

Telepon Hantu Penipu


Sekarang ini banyak sekali penipuan via telepon, baik telepon seluler maupun telepon rumah. Ada yang via SMS ataupun langsung telepon. Nah kalau lewat ponsel kan bisa ketahuan nomor pemanggil, itupun kalau memang ID pemanggil tidak di-private. Lha kalau telepon rumah? boro-boro telepon rumah yang canggih. yang bisa mendeteksi nomor pemanggil, kalau yang telepon rumahnya biasa-biasa aja?
Beberapa kali telepon rumah saya disatroni telepon hantu. Hantu? iya hantu, penelponnya tidak jelas siapa tapi bikin  panik. Bukan panik karena takut ada bau kemenyan keluar dari gagang telepon, tapi panik karena apa yang disampaikan sama Si Hantu ini.


Ceritanya pertengahan bulan Oktober kemarin telepon rumah saya disatroni telepon hantu, kira-kira pukul 03.30 subuh telepon rumah berbunyi, subuh broo subuh.. Kebetulan hari itu saya sedikit begadang karena menunggu ayah saya pulang dari madiun untuk membukakan pintu rumah. Alhasil pengennya pagi bangun jam 5an aja biar tidur saya agak lama gitu, eh gak taunya telpon rumah berdering, padahal saya baru tidur jam setengah 3an. Waktu saya angkat, ada suara laki - laki nangis sesenggukan sambil teriak - teriak, wooh kaget nya saya, kalo kata orang jawa saya belum jangkep tidurnya (masih setengah tidur). Bingung dong, "ini siapa?" tanya saya, eh si Hantu tetep aja nangis - nangis, makin bingung saya, oh ya hari itu juga nenek saya lagi kritis di Rumah Sakit dan kakak saya lagi di Bandung dinas kerja, makanya di rumah cuma saya, ayah dan adik perempuan saya. Otomatis saya pikir ini berita duka dari madiun, dugaan saya yang telepon itu adalah Om saya yang mau mengabarkan terkait nenek saya. Duh langsung deg rasanya, belum tau kebenarannya saya pun pengen nangis juga, eh lha kok abis Si Hantu nangis tadi tiba - tiba telepon nya pindah tangan ke Hantu 2 yang ngakunya Pak Polisi. Nah ini yang seru dan bikin tambah panik, berikut percakapan antara saya dan Pak Polisi gadungan :

W = Saya
P = Penipu

P : Halo Bu kami dari kepolisian, Anak nya ibu namanya siapa? ini dengan siapa ?
W : (dalam hati lha wong saya masih kuliah kok ibu2?, tapi tetep panik sih) Halo ini siapa?
P : Ibu tenang dulu, ini dengan siapa? Anak ibu namanya siapa ?
W : Loh lah ini siapa? Ini dengan Wulan (dengan bodohnya saya sebut nama saya), saya belum punya anak Pak.
P : (masih ngotot kalau saya ibu-ibu dan punya anak lelaki) Oh ini dengan Ibu Wulan, Ibu tenang dulu, anaknya ibu namanya siapa?
W : Saya belum punya anak pak
P : Oh iya maaf, kakak laki - laki nya namanya siapa? Mbak nya tenang dulu (kok dia tau saya punya kakak lelaki)
W : Iya tapi ini siapa pak? (saat itu Penipu ini belum bilang kalau Polisi) Mas saya namanya Gilang (Kebodohan ku part 2, nyebutin nama kakak ku. Bego emang akunya)
P : Mbak nya tenang dulu, Gilang sekarang sedang bersama kami.. bla bla bla

Karena saat itu saya makin panik dan suara saya makin meninggi, Ayah saya bangun dan tanya dari siapa, percakapan terakhir dari Si Penipu tidak saya gubris. Akhirnya ayah mengambil alih telepon tersebut

A = Ayah
P = Penipu

A : Halo ini dengan siapa ?
P : Iya bapak, bapak nya tenang dulu ini apa orangtuanya Gilang? Gilang sekarang sedang bersama saya
A : Lho ada apa pak, ini bapak jelaskan dulu ini siapa ?
P : Saya dari kepolisian, anak Bapak sedang bersama kami. Boleh tau nama bapak ?
A : Memangnya ada apa? kok sampai anak saya sama Bapak?
P : Begini saya dari kepolisian, sekarang Gilang sedang bersama saya karena kami menemukan sabu-sabu di kantongnya.
A : Hah, sabu - sabu??

Beuh Sabu-Sabu??!!!! Busyet begitu saya denger, langsung deh saya tambah mewek antara sedih campur gak percaya kalau mas Gilang ngonsumsi begituan. Hih. Naudzubillah, jangan sampeee :(. Langsung setelah saya mendengar percakapan di telepon antara ayah dan penipu itu. Saya berinisiatif untuk langsung menelpon kakak saya yang sedang di Bandung. Syukur Walhamdulillah dia tidak apa-apa, tidak sedang bersama polisi dan malah baru bangun tidur. Setelah itu saya beritau ayah saya sambil berbisik supaya tidak terdengar penipu itu. Baru kami sadar kalau yang telfon tersebut penipu. Setelah itu telepon langsung ditutup sambil sedikit dibanting sama ayah, sampai berbunyi "brak!!"

Eh 3 detik setelah ditutup, telfon lagi.. busyet nih orang ngeyel banget kalo mau nipu, lalu diangkat sama Ayah..
P : Bapak gak punya etika ya, main tutup seenaknya, bapak tau saya dari kepolisian, bapak kerja dimana ? nama bapak siapa ?
A : Maaf ya pak silahkan saja kalau bapak mau menindak saya, saya ini wartawan, saya baru saja telfon anak saya baik - baik saja. kalau mau menipu jangan disini pak. Braaakk !!!! (telfon langsung ditutup sama ayah sebelum si penipu sempat menjawab lagi)

hihi line kabel telfon pun langsung dilepas sama Ayah, "sudah sampai nanti siang jangan pakai telfon rumah dulu." kata Ayah. Dan saya pun bisa senyum lagi, dasar gilee tuh penipu, bikin panik di subuh buta ajah.
Keesokan paginya, saat Ayah saya ngobrol pagi-pagi dengan tetangga saya yang berjarak 5 langkah bercerita kalau malamnya sekitar pukul 10, beliau juga ditelfon oleh penipu tersebut dengan modus yang sama. Untung saja beliau tidak tertipu karena menurut beliau beberapa menit yang lalu baru saja menelfon putranya dan putranya baik - baik saja.

Hmm, jadi bisa diambil kesimpulan kalau penipu itu menggilir nomor telefon daerah kami, karena memang no telefon rumah saya dan tetangga saya itu berurutan belakangnya. Pelajaran yang bisa di dapat adalah
  1. Kalau memang di rumah ada line telfon rumah dan kalau di rumah tidak ada orang tua/orang dewasa (hanya ada anak kecil/masih dibawah umur) mending dilepas aja kabelnya.
  2. Usahakan jangan melamun kalau sedang nrima telfon
  3. Jangan mudah PANIK !!!
  4. Jangan mudah percaya dengan telfon seperti itu yaa, cek dulu kebenarannya, kalau modusnya seperti diatas langsung telfon anggota keluarga yang bersangkutan
  5. Langsung tutup telfonnya kalau memang penelpon menyebut tentang membayar uang
  6. Ohya kalau modusnya dapat hadiah, ada kalanya kita sedikit percaya diawal, cek dulu apakah kita pernah ikut undian tersebut, kalau tidak pernah ya pasti bohongnya. Jangan percaya kalau nomor kita diacak dapet undian dari operator yang bersangkutan, biasanya ini terjadi via telpon seluler. Ini mungkin saja, tapi kalau pada akhir percakapan disuruh transfer sejumlah uang terlebih dahulu, udah langsung tutup aja telponnya. Kalau kata orang suroboyo udah "pisui" ae. :D
  7. Dari kesemuanya, kalau penelpon mengajukan syarat untuk transfer uang berapapun pikir dulu deh. 
Semoga bisa jadi pelajaran buat yang lain yaa. :)

4 comments:

  1. Paling benci penipu yang memanfaatkan "kekuatan keluarga". Kekuatan keluarga = saling melindungi, saling menghawatirkan.
    Adikku pernah ditelpon seperti itu, tapi beda konteks (kebetulan adik lagi mandi diminta tolong buat angkatin). Penipuan berkedok undian berhadiah. Tapi ya tak main-mainin itu penipu. Waktu di tutup, selang beberapa menit, nomer ibuku yang ditelpon oleh nomor yang sama (nomor ibu dan adik cuma beda 1 angka dibelakang, urut). Aku angkat langsung ku ketawain aja orangnya.

    Yang lain lagi, budheku juga pernah ditelpon kalau anaknya kecelakaan dan butuh dana bla bla bla, untungnya hari itu pas 1 keluarga ngumpul nonton TV.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju keluarga = saling melindungi..... musti ati2 skrg ya mas, apalgi kalo yg dirumah ga ada org dewasa, aku aja yg dewasa uda panik duluan... dasar penipu itu bikir errrr...

      Delete
  2. iya bener kadang kita ya nyebutin nama kita secara spontan. dan itu yg salah-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu bener mbak,,, panik + spontan jadinya bisa berabe :(

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...