Tuesday 20 August 2013

Attitude

Ini cerita selama bulan ramadhan, sholat teraweh bulan ramadhan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena biasanya saat teraweh tahun lalu jalan bareng sama adik - adik krucil, tahun ini sama ibu-ibu komplek.

Awalnya agak kagok karena saya bingung mau ngobrol soal apa :D plus pake bahasa apa.Alhamdulillah saya gak kota-kota banget, sedikit2 boso kromo bisala. aturan tentang Ibu - ibu suka nggosip itu ada benarnya bisa sharing pengalaman hidup, bukan hanya ibu-ibu mungkin perempuan semua kalangan, hihi hasrat kali yaa, alhasil saya jadi ikut nimbrung juga :D banyak banget yang dibahas mulai dari arisan bulan ini, pekerjaan anaknya, tadi masak apa aja dirumah, berita tetangga sampai attitude remaja jaman sekarang. Dari semua obrolan yang saya dengarkan selama perjalanan pergi pulang tarawih itu hanya satu topik tentang attitude tersebut yang menarik telinga saya untuk 'benar-benar' mendengarkan. Berikut beberapa percakapannya yang beberapa saya translate ke Bahasa Indonesia :
"Parkir kok dipinggir jalan, mbok ya turun ndak sopan ya mbak wulan anak itu"
"hehe njih bu"
"Allahu Akbar le, nyumet mercon kok neng kunu, ra ngerti enek wong sholat ?"
(Allahu Akbar nak, nyalakan mercon kok disitu, tidak tahu ada orang sholat?) 


Dan ini dialog ibu yang sudah sepuh saat bareng berangkat teraweh, saya tulis karena menurut saya sangat penting untuk saya sendiri, biar saya tidak lupa hehe dan sudah saya translate :D :
"Lha iya mbak wulan arek jaman saiki iku kesopanan ane sudah ilang, lewat depan orang tua  nyludur ae, papasan sama orang tua senyum saja tidak, padahal senyum itu kan ibadah, tinggal di tanah jawa tapi tidak tau attitude jawa. bicara sama orang tua pakai bahasa yang kurang sopan. Sebenernya orang tua itu seneng kalau disapa, mereka dianggap ada. Gitu itu didikannya orang tua nya mbak wulan, nanti kalau mbak wulan berkeluarga tolong jangan lupa sopan santunnya diterapkan, dibiasakan dari kecil untuk menghormati orang yang lebih tua, hal - hal kecil kayak gitu SANGAT penting."

"InsyaAllah bu (dalam hati berdo'a semoga didekatkan jodohnya) hehehe"

5 comments:

  1. bener banget mbak, ini juga jadi pelajaran buat saya :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal hal kecil yang sgt penting untuk remaja, makasih ya sudah mampir ^^

      Delete
  2. sebuah sesuatu yang simpel namun sering dilupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak hanya sebuah tapi berbuah - buah maztam, karena banyak hal yang harus dipelajari :D

      Delete
  3. yo sebagai instropeksi kita bersama,
    kalau sendirian yang instropeksi ya manfaatnya cuma sendiri
    makanya buat instropeksi bersama
    :D

    ReplyDelete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...