Monday 1 July 2013

Bintaro Jaya Perumahan Terdepan di Selatan Jakarta

Konsep Rumah Sehat di Bintaro Jaya The Profesional's City

Kawasan Provinsi ibukota DKI Jakarta hingga saat ini masih menjadi tujuan utama arus urbanisasi di Indonesia, seluruh warga berbondong-bondong menuju kota megapolitan ini. Faktor ekonomi menjadi daya tarik utama dari besarnya gelombang urbanisasi, kegiatan ekonomi yang terpusat di ibukota serta pembangunan yang lebih maju dari daerah lain juga menjadi factor khusus arus urbanisasi. Data statistic dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi DKI Jakarta menunjukkan bahwa kepadatan jumlah penduduk DKI Jakarta diproyeksikan mencapai 18.926 orang per km2. Dengan pesebaran seperti berikut Jakarta Pusat menempati urutan pertama kepadatan penduduk, disusul Jakarta Barat dengan kepadatan sekitar 18.739 orang per km2, Jakarta Selatan 15.356 orang per km2, Jakarta Timur 15.035 orang per km2, Jakarta Utara 11.816 orang per km2 dan Kep. Seribu 2594 orang per km2, sehingga rata-rata kepadatan penduduk DKI Jakarta sekitar 15.234 orang per km2. Jarak tiap rumah dipastikan saling berhimpitan jika tidak ada tata kelola yang baik. Data diambil dari sini : http://jakarta.bps.go.id

Grafik Jumlah Penduduk th. 2011
Kenapa Jakarta Pusat memiliki kepadatan penduduk yang paling tinggi ?
Tak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan kegiatan pemerintahan dipusatkan di jantung kota. Orang memilih untuk bermukim di pusat kota daripada di pinggiran kota, meskipun harus berdesakan di rumah petak atau menyewa kamar kos di pemukiman padat/perumahan padat, ini tak jadi persoalan bagi mereka. Namun apakah nyaman kawasan perumahan seperti itu? tentu saja tidak, dilihat dari segi kesehatan, jelas-jelas kondisi perumahan tersebut akan membawa dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang mereka. Beberapa orang sudah mulai memilih dalam menentukan kawasan perumahan,  mereka menyadari kemacetan tak dapat terhindarkan, jauh ataupun dekat akan sama saja, yang terpenting adalah ketika mereka pulang kerumah maka kenyamanan yang didapat.
Berikut ada beberapa tips membangun konsep rumah sehat :
  • Pemilihan lokasi yang tepat, lokasi rumah yang ramah lingkungan jauh dari saluran air dan tidak gersang 
  • Pembangunan rumah disesuaikan dengan lahan, sisakan lahan untuk membuat taman meskipun taman  kecil 
  • Perhatikan masuk keluarnya udara, ventilasi yang baik sehingga udara sehat dapat masuk kedalam rumah
Konsep diatas minim ditemukan di DKI Jakarta, namun masih bisa ditemukan di daerah Bintaro, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan. Meskipun pembangunan perumahan terkesan terpusat, namun PT. Jaya Real Property atau yang lebih dikenal dengan Bintaro Jaya mendedikasikan diri sebagai kawasan hunian nyaman, sehat dan berkembang secara pesat dan matang. Dengan lifestyle ECOmmunity, Bintaro Jaya The Profesional's City merupakan kawasan perumahan Jakarta Selatan yang ramah lingkungan serta satu-satunya kota mandiri yang terdepan di Jakarta Selatan.
***
Kematangan yang ditunjukkan oleh B , sebagai kawasan hunian berskala kota yang mampu bertahan hingga 34 tahun patut diacungi jempol. Dari tahun ke tahunnya, Bintaro Jaya The Profesional's City yang memiliki website resmi http://www.jayaproperty.com, terus berkontribusi baik dalam pengembangan kota yang berkualitas dari segi lingkungan dan masa depan. Kontribusi Bintaro Jaya sebagai The Profesional's city direalisasikan pada pengembangan hunian high rise dari apartemen kelas menengah sampai kelas elit.
Tampilan halaman utama web PT. Jaya Real Property
Kelebihan :
Selain Bintaro Jaya memfokuskan diri untuk perumahan yang nyaman di Jakarta Selatan, Bintaro Jaya The Profesional's City juga melengkapinya dengan fasilitas-fasilitas dengan konsep yang professional. Berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh Bintaro Jaya, sekolah, mall / pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, ruang hijau yang luas serta berbagai fasilitas olahraga seperti kolam renang, tennis court dan trek untuk jogging yang nyaman dan tentunya aman.
***
Moda transportasi :
Cukup mudah untuk sampai ke Bintaro yang terletak di Tangerang Selatan, Jakarta Selatan. Untuk akses cepat bisa dijangkau melalui tol atau bisa dengan naik kereta dan turun di Stasiun Sudimara, selain itu Bintaro juga dekat dengan tol Pondok Ranji.
***
Harapan :
Harapannya Bintaro Jaya The Profesional's City tidak hanya memfokuskan diri untuk pembangunan perumahan Jakarta Selatan kelas menengah ke atas, kedepannya diharapkan akan ada perumahan Jakarta Selatan kelas menengah kebawah dengan konsep rumah sehat yang sama namun harga lebih terjangkau. Selain itu, dengan lahan yang luas, diharapkan Bintaro Jaya The Profesional's City mampu mengelola dengan lebih baik lagi, sehingga tidak ada lahan yang ‘mubadzir’. System drainase juga diharapkan selalu dirawat dan dikelola dengan baik, supaya banjir yang kini identik dengan Provinsi DKI Jakarta bisa diminimalisir di kawasan Bintaro Jaya The Profesional's City.

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...