Tuesday 11 June 2013

Kalian suka menunda-nunda bersedekah ?


Sedekah adalah anjuran bagi setiap manusia di dunia, khususnya umat muslim / muslimah, 50 % dari harta yang kita punya adalah hak teman - teman yang membutuhkan di luar sana. Mungkin kita tak pernah menyadari apa timbal balik langsung yang kita dapat saat bersedekah. Padahal pahala melimpah yang digadang - gadang kita dapatkan dari Allah berupa surga akhirat masih belum cukup membuktikan kita untuk saling memberi dan bersedekah. Hey timbal balik itu tak harus materi bung ! bisa saja saat kita memberi 5000 eh besoknya kita dapat tebengan ke kantor pulang pergi (yang harga tarif transportnya bisa sampai 10ribu pulang pergi). Untuk bersedekah pun juga sama tak harus materi, bahkan amalan sedekah sudah disederhanakan sedemikian rupa yaitu dengan kalimat yang sering kita dengar (atau baru dengar) senyum juga termasuk ibadah. Untuk senyum pun masih sulit? ya ampun !padahal pahala nya besar lhoo :)

Namun alangkah baiknya kalau sedekah itu di-rupa-kan, seperti halnya zakat di bulan ramadhan ataupun wakaf, tentunya pahala nya akan sebanding bahkan lebih dengan apa yang kita keluarkan. Kebanyakan kita termasuk saya suka sekali menunda untuk bersedekah, karena apa ? karena kita terkadang tidak tulus dan ingin ada timbal balik yang nyata ketika akan memberi. Bahkan kita seringkali masih berpikir ini itu kebutuhan duniawi yang tak ada habisnya. 

Saat kita punya uang katakan aja 50ribu terus pengen beli baju yang notabene hanya untuk gaya-gayaan tapi kita terpikir untuk bersedekah, nah kalau kita pilih untuk memberikan uang beli baju tersebut ke orang lain kita akan dapat ++ pahala tentunya, senyum / keceriaan orang tersebut, ucapan terima kasih, terkadang pelukan/usapan di pipi, dido'akan yang baik-baik (atau request do'a juga bisa), tambah satu lagi orang yang sayang sama kita, atau bisa jadi orang yang kita tolong jualan nasi uduk, lumayan tuh kali aja dikasih sebungkus atau 2 bungkus nasi uduk kan ?! atau bisa jadi juga orang yang kita tolong punya anak cowo atau sodara cowo cakep yang masih jomblo bisa kenalan kan itu #lupakan sebungkus nasi dan cowo cakepnya ! Ehbusyet padahal cuma 50 ribu tapi keuntungannya 5-6 baris bedain kalau kita jadi beli baju, yah cuma dapat baju sepotong sama kesenengan diri sendiri doang plus income buat tokonya pasti end yang pasti uang kita terbuang sia - sia. Nah masih terpikir untuk menunda bersedekah ?

Lagipula Allah Maha Tahu kok sekarang ini cara/jalan untuk bersedekah bener-bener dipermudah, contohnya banyaknya bermunculan teman - teman kita yang memfasilitasi via online a.k.a internet untuk bersedekah bisa via transfer dengan tujuan jelas. Namun juga kita harus hati - hati memilih yayasan / komunitas yang pasti dan punya tujuan jelas, jangan sampe juga kita bersedekah tapi tujuannya belum jelas. But, tetep ya yang paling diutamakan adalah orang terdekat di sekitar kita yang membutuhkan, orangtua kita, saudara, tetangga, sahabat kita.

Sekedar share pengalaman, beberapa hari yang lalu saya menunda untuk melakukan hal ini, eh gak taunya di kantor saya salah masukkan nomor isi ulang pulsa elektrik 100rb euy ! setelah saya pikir-pikir, oh ternyata saya menunda banyak hajat untuk berbagi. Astaghfirullah. Dan masih terpikir untuk menunda bersedekah ? Yuk biasakan diri saling berbagi, mumpung masih ada yang dibagi dan napas kita masih berhembus. Percaya deh gak akan habis hartamu, harta habis sedekah usaha, udah gak kuat usaha ya udah sedekah dengan senyum dan do'a, gampang toh ketika kita niat dan ikhlas untuk bersedekah apapun bisa :* Nite kecup !


Pict taken from here

4 comments:

  1. Begitu ada info dari update twit saya lansgung mampir ke sini, dan membaca baca. Wah soal SEDEKAH saya setuju dengan tulisan ini, karena SEDEKAH sungguh luar biasa.

    Banyak orang yang mengalami dengan sedekah akan dimudahkan Insya Allah rezekinya, dan Allah menjanjikan akan membalasNYA dari sumber yang tidak terduga duga. Bersedekahlah Insya Allah jika dilandasi dengan rasa ikhlas Insya Allah akan dibalas dengan yang lebih Indah dari ALLAH SWT

    ReplyDelete
  2. @Asep Haryono: Iya Pak Asep, InsyaAllah seperti itu asal tulus dan ikhlas. Terimakasih sudah mampir ke sini :)

    ReplyDelete
  3. hidup lebih indah dengan bersedekah ^^

    ReplyDelete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...