Thursday 31 May 2012

Hari Tanpa Tembakau #TanpaTembakau

31 Mei tanggal ini sepertinya memang istimewa, selain hari jadi Kota Surabaya , hari ini juga merupakan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Miris sebenarnya kalau lihat orang merokok, apalagi itu ayah dan big bro ku. sudah sering sih diingetin, cuma ya gitu deh udah fanatik + ngefans sama tuh batang tembakau :(. Mungkin banyak yang gak tahu tentang hari ini, aku juga baru tau tadi sih :D. Setelah tahu, ini tadi langsung sms ke rumah ngingetin Ayah kalau sebisa mungkin hari ini stop rokok. Bisa dibilang sih orang yang merokok itu pinter, pinter nyari alasan.... pinter muter balikkan fakta kalau pas diingetin. Hadedeh....... (_) (_) (_)

Kalau dari searching di google, banyak yang memaknai hari tanpa tembakau ini dari 3 sisi, sisi seorang pemakai, dari pabrik tembakau dan dari pemerintah. 


1. Sisi seorang pemakai
Kalau dari sisi ini sih, kebanyakan mereka yang merokok gak sadar akan bahayanya. Entah mereka itu tidak sadar ato memang *pura-pura* tidak tahu. Padahal udah banyak iklan layanan masyarakat, berbagai macam rancangan undang - undang yang ngatur ini itu tapi ya gitu deh, hasilnya nihil. Yang paling aneh, di balik kemasan rokok udah tertulis dengan jelas (kecuali yang gak bisa baca :p) MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. Udah jelas banget kann ?? Nah trus kenapa masih dilakuin yaa ? cuma bisa hela nafas. Mungkin itu memang udah sifat manusia kali ya ? gak bakal kapok kalau dia sendiri tidak kena akibatnya, tapi masa' iya sih harus nunggu pake alat bantun napas di Rumah Sakit dulu baru sadar...!!!  Ayo dong sadar, bukan demi diri sendiri saja tapi nantinya untuk anak - anakmu kelak. 

2. Pabrik Tembakau
Kalau nutup pabrik tembakau sih kayaknya itu mustahil ya, bisa - bisa banyak keluarga yang jadi korban, ya paling tidak tuh pabrik - pabrik rokok bisa ngurangin pasokan tembakaunya. Berdo'a aja deh, semoga pengusaha pabrik rokok itu nemukan usaha baru yang gak merugikan orang lain, jadinya bisa nutup tuh pabrik dan ganti usaha baru yang lebih halal.

3. Pemerintah
Harusnya sih pemerintah bisa lebih tegas lagi dengan peraturan yang cuma jadi bacaan komik doang. Jangan abis buat peraturan terus digletakno aja, kalau alasannya rokok merupakan penghasil devisa besar dan mampu menyerap tenaga kerja banyak, harusnya pemerintah mulai cari devisa lainnya (jgn korupsi pajak juga :p) misalnya dari pariwisata, dan juga pemerintah juga mulai buat lapangan kerja untuk bangsanya sendiri, jangan dikasih ke orang luar *tepok jidat*. hehe

Belum lagi bahaya bahan - bahan pembuat rokok, dari brwosing di mbah google, rokok itu mengandung tar, nikotin, dan juga Timah Hitam 0,5 ug/batang. Busyet dah, padahal bahan timah kalau ada dalam perut ikan aja diprotes abis - abisan. Nah ini dengan lancarnya masuk ke tubuh manusia dengan dihisap. Sementara ambang batas timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20ug per hari. Bisa dibayangkan kalau seorang perokok berat menghisap rata - rata 2 bungkus rokok per hari,,,, hiiiiiii... ngerii !!!! Apalagi nih, bahaya buat kita yang sehat dan gak merokok bisa ketularan penyakitnya, karena menghisap asap rokok yang dikeluarkan si perokok.

Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan yang dilakukan manusia yg mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, pahala, persepsi positif dan lain sebagainya. Makanya, bersyukur deh yang belum merokok, karena anda adalah orang pandai dan hebat. Ketika seseorang menawarkan rokok sebaiknya tolak dengan baik. Kasihan banget tuh yang pada merokok, mereka sama aja nabung untuk bunuh diri. Jangan dengarkan mereka yang nganggep anda lebih rendah atau biasa dibilang gak gaul dari mereka, karena dalam hati sebenernya mereka itu pengen berhenti merokok cuma udah kecanduan jadi sulit (tapi seharusnya sih bisa kalu niat !!). Stop Smoking untuk diri kita sendiri dan orang yang dicintai di sekitarmu.. !!



No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...