Monday 11 March 2013

Masjid Pintu Seribu Turen Malang

Hehe rasanya belum lega atau ada yang ganjel kalau belum nulis disini dan upload pict tempat - tempat yang kukunjungi, rasanya ada hutang. Bulan lalu saya menyempatkan ikut ibu saya untuk wisata ziarah, selain ingin mencicipi rasa berwisata dengan ziarah (religi). Bareng rombongan Bis dan aku cewe remaja sendiri lainnya uda sepuh - sepuh atopun masih anak anak. But over all seneng juga, hal baru lah untuk ku selain mendapat ceramah gratis dan ilmu agama dari Pak Kyai. Tempat pertama yang dikunjungi adalah Masjid Pintu Seribu Turen Malang. Masjid dengan arsitektur unik ini dibuat pada tahun XXX (alias saya gak tau :D sibuk kagum sama sibuk foto sih (´⌣`ʃƪ) :p ) Seingatku kurang lebih 2 jam perjalanan dari sidoarjo ke tempat ini, jauh boookkk --". Daaann *drum roll* sampe juga setelah ketiduran, kelaparan, kekenyangan di dalam bis. Nih aku kasih pict nya ya biar pada mupeng ahaha ^_^
Masjid Pintu Seribu Turen

Penampakan masjid dari depan, my mom
Sebenarnya masjid ini adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Nama yang cukup panjang yang mempunyai makna Laut Madu atau, "Fadilah Rohmat" (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-terjemahan Bahasa Jawa). Arsitek dari pembangunan ponpes ini bukanlah seseorang yang belajar dari ilmu arsitektur perguruan tinggi, melainkan hasil dari istikharah pemilik pondok, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. Karenanya, bentuknya menjadi sangat unik, seperti perpaduan timur tengah, china dan modern. Untuk pembangunannya pun tidak menggunakan alat-alat berat dan modern seperti halnya untuk membangun gedung bertingkat. Semuanya dikerjakan oleh para santri yang berjumlah 250 orang dan beberapa penduduk di sekitar pondok. (Sedikit ngutip dari sini )
Disini Harus lepas Sandal, nah biar sandal/sepatu gak hilang harus siap tas kresek. Atau kalau mau beli tas kresek di pintu masuk banyak yang jual kok, cuma 500 rupiah doang.
 

Arsitekturnya itu lo Subhanallah  (‾ʃƪ‾)


 Yang dibawah ini potret dalem masjidnya. Luas banget, lha wong pas saya kesana bersama rombongan kami lihat ada sekitar 3-4 mobil yang parkir di dalemnya, mungkin itu mobil pengurus masjid ini. Konon masjid / pondok pesantren ini sudah mencapai 10 tingkat dan waktu saya kesana pembangunan masih terus dilakukan. Nah foto yang dibawah ini (kiri) masih lantai 1 yang kanan tampak langit itu lantai paling atas (lantai 10 mungkin ) Ga ngitung jumlah lantainya, capek naiknya :D
Subhanallah. Maha Suci Allah
 Pict yang ini (Kiri) adalah Ruang makan para santri, tertulis di dindingnya kalau dilarang rame. Sssstt. Foto yang tengah adalah ruang Keluarga bagi para santri sekitar lantai 6. Nah bingung kan foto yang paling kanan itu kok kebun ??. Saya pas pertama kali lihat juga bingung, diatas masjid ini ada sebidang kebun yang ditanami berbagai tumbuhan. Mungkin maksudnya adalah sebagai lahan untuk santri ber-ketrampilan tanam menanam.

  

Didalam masjid ini sebenarnya juga ada kolam, seingat saya sih ada dilantai 3 / lantai 4. Lebih kagetnya lagi, di lantai atas sekitar lantai 7-8 banyak penjual pernak pernik, aksesoris kerudung, cincin, gelang, makanan berbau timur tengah, sampai mainan anak - anak. *mikir ini masjid kok lengkap banget. 

Di depan masjid ada pasar buahnya
Ada pengalaman lucu pas disini, kan pengunjung bejubel ya,, Nah saya dan ibu saya ilang di sekitar di lantai 7. Alhasil kami mencari cari rombongan yang pakaiannya sama kayak pengunjung lain, pake pakaian muslimah, untunglah kami bertemu Pak Kyai Ketua rombongan kami yang ternyata juga kepisah dari rombongan(‾_‾"٥). 

Oh ya menurut saya kenapa disebut Masjid Pintu Seribu ???
Ya Karena pintunya banyak banget, kami aja sampe terpisah dari rombongan. Mungkin masjid ini bisa juga disebut Masjid Seribu Tangga.. hehe


Kalau masih penasaran sama sejarah, asal usul, arsitektur, dan tujuan dari pendirian masjid Pintu Seribu ini bisa langsung cuss baca disini Wikipedia tentang masjid Pintu Seribu loh. Ada banyak hal yang bikin tempat ini menarik, bangunannya yang unik dengan arsitekturnya yang duh Subhanallah bagus banget, lantainya dari marmer, dan didalamnya suasana sejuk banget nget nget. Wajib kesini pokonya, menambah keimanan dan kekaguman terhadap Allah Subhanallahu Wa Ta'ala, serta memperkaya ilmu tentang Islam, gratis kok masuknya cuma bayar parkir aja + transport kesana :)




2 comments:

  1. bulan depan nyak qu k sana, kalo liat pengalaman mue, nitip apa ya enak.ny? Xixi...
    .
    Fb:azis prince of'soulmate

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan2, awas jgn pisah dr rombongan ya berabe ntar hihi :D

      Delete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...